Kamis, 03 Februari 2011

PENATAAN BATU BATA LANTAI SATU SUDAH LUNAS

Alhamdulillahirrobbil’alamin, Puji syukur kita haturkan kepada Allah SWT Yang Maha Kaya yang memberikan kelancaran dalam pembangunan Pondok Pesantren Nurul Islam Jabontegal Pungging Mojokerto ini.
Tidak terasa pembangunan ini sudah berlangsung selama lima bulan sejak awal Bulan Syawal. Penataan batu bata lantai satu sudah rampung dan tinggal persiapan atau penataan dack cor yang akan di pakai untuk dasar lantai dua nanti.
Bangunan yang terletak di atas tanah seluas 1072 m2 ini mempunyai konstruksi yang cukup modern dengan bentuk ruangan yang sangat effisien yaitu Bangunan Sekolah dan Bangunan Asrama Santri Pondok yang  menjadi satu membentuk leter L. Bangunan Asrama Santri Pondok mempunyai Ukuran 9 x 27 m2 dan Bangunan Sekolah mempunyai ukuran 8 x 24 m2. Tanah yang ditempati Pondok Pesantren Nurul Islam ini merupakan tanah hibah dari Keluarga Bu Sonipah dan Nurali dari Dusun Guwo-Jobontegal-Pungging-Mojokerto dan letak tanah tersebut persis di sebelah timur Sungai Gembolo yang melintas di sepanjang Dusun Guwo, masyarakat sekitarpun cukup antusias menyambut pembangunan Pondok Pesantren ini yang tercermin pada bantuan tenaga –hampir setiap hari ada beberapa warga yang membantu pekerjaan tukang secara sukarela- bantuan materi ataupun bahan bangunan yang mereka miliki untuk di pakai demi kelancaran pembangunan seperti halnya pohon bamboo dengan rincian sebagai berikut; Pak Naim membantu 2 barongan (dua rumpun bamboo), Aba Soheh 1 Barongan, Cak Buali 1 Barongan, Cak Kadir 1 barongan, Ibu Fatimah (kepala MI Jabontegal) 2 barongan, yu parning 1 barongan dan Pak Bayan Satuman 1 barongan .
Saat ini yang mengerjakan pembangunan Pondok Pesantren Nurul Islam ada 10 tukang dengan banyak hari kerja 6 hari seminggu dan hari Jum’at libur. Mereka adalah Cak Muji (sebagai Kepala Tukang), Cak Basman, Cak To, Cak Malik, Cak Heru, Cak Yudi, Cak Rohmad, dan Cak Toyek. Sedangkan dua orang tukang kayu yang mengerjakan kusen-kusen yaitu Cak Slamet dan Cak Poniman. Jam kerja perhari dimulai dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.
Memang tidak sedikit material dan tenaga yang dihabiskan demi tuntasnya Pembangunan Pondok Pesantren ini. Bila dihitung secara global. Dana yang sudah terpakai saat ini  kurang lebih Rp. 400.000.000,- (Empat Ratus Juta rupiah). Dengan dukungan dermawan yang ada di sekitar Pondok Pesantren dan saudara-saudara muslim di wilayah Kabupaten Mojokerto ini. Pondok Pesantren Nurul Islam ini menerima sumbangan tanah uruk sebanyak 200 dum truck dari Pabrik Kertas PT. Integral Lestari. Pembangunan Pondok Pesantren Nurul Islam ini  sudah menghabiskan banyak Material bahan bangunan antara lain batu bata sekitar 80.000 bata pres, Semen, besi, Pasir sekitar 80 rit, batu 56 rit, gamping sekitar 5 ton dan Kayu Jati sebagai bahan kusen dan lain-lain adalah sumbangan dari Walisantri Jedong dengan ukuran   6 x 15 x 2 m sebanyak 150 batang, apabila dinominal uang sekitar Rp. 42.000.000,-  (Empat Puluh Dua Juta rupiah).
Melihat kelancaran dan kerja keras semua pihak yang ikut dalam Pembangunan ini kami mengucapkan Jazaakumulloh khoiron katsiiro, semoga Allah SWT memberi keluasan dan barokah rizki mereka. Demikian pula Kepada seluruh darmawan yang telah membantu secara material. Untuk melihat lebih lengkapnya para donatur Pembangunan Pondok Pesantren, dapat langsung  melihat di Point Laporan Donatur.