Jumat, 29 Juli 2016

Sebuah Arti Kehidupan


Oleh : Muhammad Rizal Al Farizi

Apa itu kehidupan ? Apa arti kehidupan ? dan apa tujuan kita hidup didunia ?.
Semua makhluk Tuhan yang hidup didunia tidak akan bisa abadi tapi tak tahu kapan akan terjadi ? itulah pertanyaan-pertanyaan yang banyak terlontar dari banyak orang dan banyak pula orang yang tidak bisa menjawabnya, jadi mari mari kita renungkan apa arti kehidupan.

Pertama mari kita bahas tentang dunia tempat manusia hidup. Dunia adalah tempat berhayal dan berharap, tempat angan-angan menjadi jati diri lebih baik, namun banyak orang menganggap salah keberadaan kita didunia. Mereka mengganggap kehidupan dunia adalah tempat untuk bersenang-senang tempat untuk menuruti hawa nafsu hingga mereka lupa akan kehidupan akhirat padahal dunia adalah tempat untuk mendapatkan keindahan dan kebahagiaan di akhirat.

Kedua adalah masa hidup lebih tepatnya umur. Masa hidup atau umur adalah suatu waktu yang diberikan Tuhan kepada kita, suatu kesempatan yang hanya 1 kali diberikan kepada kita, kesempatan untuk mengumpulkan bekal untuk kehidupan selanjutnya.

Ketiga adalah harapan. Ketika harapan tak sesuai dengan kenyataan maka itulah pangkal dari masalah yang terjadi di kehidupan manusia. Karena masalah adalah kesenjangan antara harapan dan realita. Ketika lingkungan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, janganlah hal itu membuat kita menjauhinya. Karena tidak semua hal bisa sesuai dengan yang kita harapkan tapi cobalah untuk memahaminya salah satu fenomena kehidupan dan berbaurlah dengan lingkungan itu.

Keempat adalah cinta. Cinta adalah perasaan sayang dan suka yang memberikan kehangatan kepada manusia. Manusia hidup dipenuhi dengan cinta kasih, Ada yang mengatakan cinta datang dengan keindahan namun cinta pergi dengan kehancuran dan siksaan padahal Tuhan menciptakan cinta sebagai pendamping kehidupan. Namun manusia saja yang membuat cinta sebagai siksaan.
Dari semua hal yang dipaparkan diatas semua berujung pada satu hal yaitu kebahagiaan kehidupan akhirat. Jadi dapat kita simpulkan bahwasanya arti kehidupan adalah bagaimana cara kita menempuh semua tantangan untuk menggapai kebahagiaan di akhirat bukan untuk kesenangan kehidupan dunia semata.

Ingatlah hidup tak selamanya cerah adakalanya gulita

Hidup tak selamanya diatas adakalanya dibawah

Hidup tak selamanya indah adakalanya kesedihan merasuk dalam sukma

Hidup tak selamanya sehat adakalanya sakit

Hidup tak selamanya gembira adakalanya duka

Hidup tak selamanya jaya adakalanya gagal.

Namun itulah kehidupan dan itu semua adalah cerita, tantangan, dan cobaan dari Tuhan semasa kita hidup didunia.